Translate

Friday, February 22, 2013

Perkenalkan!


Assalamu’alaikum wr. wb...

Hai, nama saya Khoiruunisa R.F, biasa dipanggil Nisa (^w^)/

Blog ini saya bikin khusus untuk mata kuliah Presentasi dan Jurnalistik, dalam rangka memenuhi kebutuhan SKS perkuliahan di Desain Komunikasi Visual ITS sekalian mengumbar hobi dan minat saya. Rencananya sih, fokus utama dari blog ini adalah tentang Literatur Anak atau “Children Literature”.

Apa sih, “Children Literature” itu?

Mungkin lebih familiar kalau saya sebut judul seperti Malin Kundang, Hansel Gretel, atau Cinderella, ya. istilah “Literatur Anak” memang lebih mengacu pada kisah-kisah tipikal Fairy Tales (Kisah Peri) atau Folklore (Cerita Rakyat).


 Gambar dari Literatur Anak Lokal Tradisional, Malin Kundang Asal Sumatera Barat
(Sumber : http://ockym.blogspot.com/2012/11/naskah-drama-malin-kundang-bahasa.html)


Meskipun begitu, bentuk dari literatur ini sebenarnya masih banyak lagi jenisnya, seperti fiksi, non-fiksi, atau biografi. Cara pengemasannya pun beragam, antara lain dalam bentuk buku cerita bergambar, komik, puisi, atau novel. Lebih lengkap mengenai sejarah literatur anak serta dua tipe penceritaan tersebut akan saya bahas di entri - entri blog berikutnya, jadi sabar saja ya~

Singkat kata, blog ini akan memuat beragam artikel seputar literatur anak terutama yang pernah saya baca. Bahasan ini akan berdasarkan beberapa aspek desain seperti desain karakter, muatan konten, atau lainnya.

Ini masih rencana awal sih, jadi entah jika nantinya akan saya selingi sesekali dengan postingan dari minat saya yang lain, tapi tetap diusahakan masih berhubungan dengan dunia anak (dan desain tentunya). Karena itu, tunggu saja tanggal mainnya :)

Minggu ini spesial 2 postingan sekaligus (perkenalan dan konten pertama :p) karena saya udah ketinggalan sama temen-temen yang lain. Jadi, ikut kisah selanjutnya dari blog ini dalam postingan saya tentang Pippi Si Kaus Panjang pada Sabtu ini!

Terima kasih sudah berkenan mampir membaca blog saya. Komentar terbuka untuk segala macam kritik, saran dan rekomendasi. Tapi tolong tetap yang sopan yah, kalau nggak …  ( *_*)–o< >_<)

Doakan saya berhasil melalui kelas ini sekaligus Riset Desain yang tengah saya jalani ya~ (^w^)

Wasssalamu’alaikum~

No comments:

Post a Comment

Mohon gunakan bahasa yang sopan dan pantas saat hendak berkomentar:)