Translate

Tuesday, March 26, 2013

Bertualang Rame-Rame Bersama Wally dan Kawan -kawan


Hayo, siapa yang belum kenal Wally?

Kisah petualangan karya pak Martin Handford ini bercerita tentang seorang cowok bernama Wally yang gemar pergi berpetualang ke manapun, kapanpun dan dalam keadaan apapun ke tempat-tempat atau bahkan masa yang tidak pernah terpikirkan sebelumnya. Ia berkelana dengan memakai baju khas bercorak garis merah-putih, diikuti beberapa orang teman untuk ikut meramaikan perjalanannya.

Ilustrasi Sampul Buku 
Dari Kiri ke kanan : Odlaw, Wizard Whitebeard, Wenda, Wally & Woof
(Sumber : Dokumentasi Pribadi)

Secara garis besar, serial ini berisi berbagai aktivitas yang semua tujuannya sama : mencari sesuatu! Entah apakah yang dicari itu salah seorang tokoh atau suatu peristiwa dengan karakteristik tertentu.

Pencarian ini merupakan buah pengamatan Wally terhadap lingkungan sekitar tempatnya singgah, misalnya seperti saat ia mampir ke suatu tempat bersalju di utara. Kalau dia menemui peristiwa yang menarik, akan diceritakannya lewat sebuah pesan singkat di bagian kiri halaman. Pesan tersebut dimaksudkan agar kita juga dapat menemukan sendiri hal-hal yang dilihatnya itu pada sebuah gambar adegan dalam halaman yang sama.

Wally di Negeri Salju & Pesan dari Wally di Kiri Atas Halaman
(Sumber : Dokumentasi Pribadi)

Terkadang, ada juga halaman khusus berisi daftar mengenai apa saja yang harus kamu cari dari sebuah adegan dalam halaman tertentu. Jika sudah menemukan yang diminta, maka tinggal memberi tanda pada kotak dalam checklist yang telah disediakan. Seperti pada gambar berikut ini, di mana Wally mengunjungi sebuah negeri ajaib di mana karakter dalam buku melangkah keluar dari halaman masing-masing.

Wally di Negeri Buku Ajaib & Halaman Aktivitasnya
(Sumber : Dokumentasi Pribadi)

Itu baru dua dari banyak tempat menakjubkan yang dikunjungi Wally. Bagaimana dengan lokasi lainnya?

Kebetulan serial "Where’s Wally? The Ultimate Travel Collection" (2008) yang menjadi bahan bahasan saya ini merupakan hasil gabungan dari beberapa seri Wally sekaligus, mulai dari "Where’s Wally? "(1987) hingga "Where’s Waldo? The Wonder Book" (1997). Itu berarti, satu jilid buku memuat sekumpulan perjalanan Wally dari lokasi normal seperti kota di daerah urban, pabrik kue, hingga luar angkasa, setting  film Hollywood, bahkan Wally's Land- sebuah negeri yang penuh dengan Wally!

Secara menyeluruh, artwork serial Wally bisa dibilang memiliki tingkat detail yang fantastis. Sulit membayangkan ada orang yang bisa menggambar se-detail (dan seruwet) ini. Pada masanya, sang pengarang menggambar semua ini hanya dengan peralatan tradisional saja lho. Kebayang kan, gimana rumitnya?

Wally di Wally’s Land
(Sumber : Dokumentasi Pribadi)

Tapi bisa jadi, artwork fantastis tersebut justru menjadi kelemahan tersendiri. Karena itu, ada sedikit tips saat membaca buku yang sepenuhnya berbahasa Inggris ini : persiapkan mata dan kaca pembesar. Kalau tidak -- terutama bagi yang bermata minus seperti saya -- mata bisa jadi (@_@) karena terlalu asyik coba-coba mencari Wally dkk, hehehe…

Nah, siapkah kamu bertualang rame-rame ala Wally? ;D

2 comments:

  1. Kalo tak salah ingat, sekitar tahun 90-an ada versi animasinya ditayangkan di TV, tapi nggak sebooming bukunya. Mungkin karena fitur 'mencari Wally' yang menang jadi daya tarik bagi anak. Menarik dan nostaljik :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Pak Ramok, ada serial TV animasinya duluuuu banget, tapi nggak tahu tayang di sini apa nggak...

      Hehe makasih paak^^

      Delete

Mohon gunakan bahasa yang sopan dan pantas saat hendak berkomentar:)