Translate

Monday, May 20, 2013

Karya Dari Anak, Oleh Anak, dan Untuk Anak

Ada yang merasa familiar dengan kata KKPK? Buat yang belum tahu, jelasnya KKPK di sini nggak ada hubungannya sama nama partai atau fraksi pembasmi korupsi lho, hehehe…(^w^)

KKPK adalah kependekan dari Kecil-Kecil Punya Karya, yaitu seri bacaan anak terbitan Mizan Media Utama (MMU). Plot yang disajikan dalam seri ini kebanyakan seputar trend di kalangan anak-anak atau peristiwa sehari-hari yang dialami oleh tokoh - tokoh dalam cerita tersebut. Masing-masing edisi berisi cerita yang ditulis oleh pengarang yang berlainan, walau terkadang ada juga pengarang yang kembali menyumbang ide cerita untuk seri ini. Karena itu, hampir tiap edisi akan memuat kisah dengan tokoh yang berbeda dan biasanya tidak saling berhubungan satu sama lain.

Cerita - cerita dalam KKPK  imajinatif, dengan sedikit kesan nakal yang kental dengan dunia anak-anak. Hal ini mungkin juga karena pengaruh dari para penulis ceritanya yang semuanya masih berusia belia. Beberapa pembaca mungkin tidak menyangka bahwa di antara penulisnya bahkan ada yang belum genap berusia 8 tahun!

KKPK memang dibuat dengan mengandalkan bakat-bakat muda di dunia tulis menulis, meskipun untuk urusan gambar tetap diserahkan kepada illustrator atau desainer grafis penerbit MMU. Kesuksesan serial ini kemudian diikuti kemunculan seri yang lain seperti Pink Berry Club, dan seri KKPK yang dikemas ke dalam bentuk komik.

Beberapa Seri-Seri Komik KKPK yang Telah Terbit
(Sumber Gambar : Dokumentasi Pribadi)

Tampilan Isi Komik KKPK
(Sumber Gambar : Dokumentasi Pribadi)

Untuk ulasan kali ini, saya akan ambil contoh komik KKPK yang berjudul “Robot Rainbow Cake” dari seri tokoh kakak beradik Kemal dan Putri,. yang merupakan hasil kolaborasi dari penulis bernama Muthia Fadhilla Khairunnisa (12 tahun) dan Dhaneswara dan Romy Hernadi sebagai ilustratornya. Beda dengan contoh  komik yang saya tampilkan sebelumnya, versi komik yang satu ini dibuat full colour sehingga berbeda dengan seri-seri komik KKPK sebelumnya.

Komik KKPK Edisi “Robot Rainbow Cake”
(Sumber Gambar : Dokumentasi Pribadi)

Komik ini berisi dua cerita, salah satunya adalah tentang Putri dan Ayu sahabatnya, berniat melakukan eksperimen dengan resep masakan di dapur. Mereka memutuskan untuk bikin Rainbow Cake, tapi sayangnya gagal melulu. Saat itulah, kakak Putri yang bernama Kemal datang menawari bantuan : memasak pakai robot canggih buatannya!

Dari ringkasan cerita di atas, konflik dalam serial KKPK mungkin kelihatan terlalu simpel bagi sebagian orang. Hal ini cukup bisa dimaklumi karena yang menulis memang masih kanak-kanak dan ceritanya sendiri memang aslinya ditujukan untuk konsumsi anak-anak. Untuk gaya gambar dari para ilustratornya sendiri, pengaruh gaya gambar Jepang (manga) sangat terlihat di sini dengan mata besar-besar pada karakter.

Pengaruh Gaya Gambar manga dalam Komik KKPK “Robot Rainbow Cake”
(Sumber Gambar : Dokumentasi Pribadi)

Seperti pengarang lainnya dari serial KKPK, hasil tulisan Muthia ini menyenangkan dan mudah untuk diikuti. Topiknya berkaitan dengan rutinitas harian seperti memasak, tapi ditambah sedikit bumbu fantasi agar menarik. Apalagi karena dibuat ke dalam bentuk komik, buah pikiran sang pengarang jadi semakin solid karena didukung oleh keberadaan ilustrasi yang full colour.


Nah…Buat para penulis yang udah lebih gede jangan mau kalah ya, sama karya penulis-penulis cilik ini! ;D

No comments:

Post a Comment

Mohon gunakan bahasa yang sopan dan pantas saat hendak berkomentar:)