Translate

Tuesday, May 28, 2013

Warna Lain dari Dunia Dongeng Mendongeng yang Kreatif di Jawa Timur

Halo bloggers~! ^^ Minggu ini saya berkesempatan untuk berkunjung ke ajang “JATIM KREATIF Bank dan UMKM Expo 2013” yang bertempat di Convention Hall dan Exhibition Hall Grand City Mall, Surabaya - Jawa Timur. Event ini  mengumpulkan sejumlah wirausaha dan jasa perbankan dari seluruh Indonesia dalam satu lokasi, di mana setiap perusahaan partisipan mempromosikan produk atau layanannya masing-masing.

Papan Penyambutan “JATIM KREATIF 2013” di Pelataran Parkir Grand City Mall
(Sumber Gambar  : Dokumentasi Pribadi)

Bisa dikatakan hampir seluruh bank yang eksis di Indonesia, mulai dari perwakilan Bank Indonesia hingga bank pelosok seperti Bank Papua hadir di sini.  Kehadiran bank-bank tersebut dalam ajang ini, antara lain adalah sebagai pendukung investasi bagi calon wirausahawan baru yang datang berkunjung ke pameran. Sementara itu, bidang wirausaha yang ikut berpartisipasi pun sangat beragam, mulai dari bidang kuliner khas daerah, tekstil, pendidikan, dan lain sebagainya.

Salah Satu Stand Bank yang Hadir dalam Event
(Sumber Gambar : Dokumentasi Pribadi)

Stand Pendidikan Milik Desain Produk ITS yang Berpartisipasi dalam Pameran
(Sumber Gambar : Dokumentasi pribadi)

Demo Membatik untuk Umum
(Sumber Gambar : Dokumentasi pribadi)


Dua Berfoto di Salah Satu Stand yang Menawarkan Jasa Gambar Potret
(Sumber Gambar : Dokumentasi pribadi)

Jenis-jenis usaha yang hadir di sini membuktikan bahwa acara ini bukan hanya sekedar menampung para pebisnis yang sudah profesional, tapi juga demi ‘menangkap’ bibit-bibit bisnis baru yang berpotensi untuk dikembangkan menjadi peluang usaha. Misalnya dalam bidang pendidikan, selain institusi yang memang memiliki peserta-peserta yang siap terjun ke dunia profesional dan berinvestasi, ada juga stand yang mengkhususkan diri untuk fokus pada bibit profesional yang masih berada dalam kisaran usia dini.

Satu yang memiliki aspek tersebut adalah “IZZA Education Center”, yang menawarkan produk-produk pendidikan Islami seperti mainan logika, media pembelajaran, buku-buku dongeng Islami, dan jasa pendidikan privat.

Flashcard dan Media Pembelajaran Lainnya
 (Sumber Gambar : Dokumentasi Pribadi)

Buku-buku Dongeng Islami Koleksi “IZZA Education Center”
(Sumber Gambar : Dokumentasi Pribadi)

Pengunjung Boleh Mencoba Permainan di Stand “IZZA Education Center”
(Sumber Gambar : Dokumentasi Pribadi)

Selain pameran produk dan jasa, event ini juga menghadirkan beberapa aktivitas yang melibatkan berbagai kalangan. Di antaranya seminar entrepreneurship, workshop dan beberapa kompetisi lainnya. Salah satu kompetisi yang menarik perhatian di sini adalah Kids Storytelling Competition, yaitu sebuah Lomba Mendongeng dengan menggunakan Bahasa Inggris yang dilakukan oleh peserta tingkat Sekolah dasar (SD). Lomba dilaksanakan pada hari terakhir event, yaitu Minggu tanggal 26  Mei 2013 mulai pukul 10.00 WIB. Acara yang diadakan oleh TBI (The British Institute) ini selain bertujuan mempromosikan jasa mereka, juga untuk menyalurkan kemampuan anak-anak untuk menggunakan bahasa Inggris secara verbal dengan gaya mendongeng.

Penampilan Salah Satu Peserta Kids Storytelling Competition
(Sumber Gambar : Dokumentasi Pribadi)

Tema dari lomba ini adalah “Your Imagination”, yang berarti setiap peserta wajib membawakan dongeng dari hasil pemikiran mereka sendiri. Kemampuan para peserta dalam mengarang sebuah cerita yang menarik sekaligus storytelling diuji di sini, ada peserta yang dengan lincah membawakan ceritanya namun tidak sedikit yang masih canggung dan malu - malu. Tidak jarang para pengunjung dibuat berdecak kagum melihat aksi mereka, karena walaupun masih sangat muda semuanya sudah cukup fasih berbahasa Inggris.

Sembari menunggu keputusan para dewan juri, Uncle Gerry, storyteller yang menjadi bintang tamu di acara ini tampil ke atas panggung untuk menghibur penonton. Anak-anak yang berada di lokasi sangat antusias menyambut kemunculannya, mereka semua naik ke atas panggung untuk mendengar cerita dan mengikuti kuis dari Uncle Gerry yang tentu saja, menyampaikan semuanya dalam Bahasa Inggris. Bagi yang bisa menjawab pertanyaan dengan benar, Uncle Gerry memberi hadiah berupa souvenir dari TBI.

Anak-anak Menyambut Uncle Gerry dengan Antusias
(Sumber Gambar : Dokumentasi Pribadi)

Dua Peserta Quiz Berusaha Menjawab Pertanyaan dalam Bahasa Inggris
(Sumber Gambar : Dokumentasi Pribadi)

Usai penampilan Uncle Gerry dkk, acara dilanjutkan dengan lagu-lagu anak (Kids Song) yang dibawakan oleh partisipan Kids Storytelling Competition dan bintang tamu.Acara ini berakhir tepat pukul 12.00 WIB dan diakhiri dengan pengumuman pemenang lomba. Sesi acara kemudian dilanjutkan dengan sejumlah seminar dan final lomba lainnya hingga event benar-benar berakhir pada malam hari pukul 21.00 WIB.

Juara Kids Storytelling Competition Berfoto Bersama Dewan Juri dan Maskot TBI
(Sumber Gambar : Dokumentasi Pribadi)

Setelah kompetisi storytelling untuk usia Sekolah Dasar yang diadakan oleh event “Surabaya Memory 2013” tempo hari, Kids Storytelling Competition ini seolah memberikan warna yang berbeda pada dunia mendongeng di Indonesia. Jika dalam event “Surabaya Memory 2013” lalu kompetisi storytelling memfokuskan diri pada penceritaan kembali cerita rakyat Indonesia dengan gaya mendongeng agar tetap hidup dalam benak masyarakat masa kini, kompetisi kali ini lebih fokus pada menceritakan kisah kreasi sendiri dalam bahasa asing. Keduanya memiliki poin kelebihan dan kekurangan masing-masing, tapi tujuannya tetap satu: melestarikan seni mendongeng di Indonesia, terutama bagi anak-anak.

Hal itu jugalah yang menjadikan event yang berfokus pada bisnis dan perbankan, “JATIM KREATIF 2013” ini lebih berwarna. Kompetisi ini menunjukkan kreativitas dan kelihaian anak-anak masa kini tidak hanya dalam berkomunikasi, namun juga dalam menyampaikan sebuah informasi dalam bahasa asing yang mana bisa sangat berguna di kemudian hari dalam perjalanan mereka menjadi seorang entrepreneur masa depan.


Sekian liputan untuk minggu ini, dan terus ikuti perjalanan literatur saya di Literatur Masa Depan ya~! :D

No comments:

Post a Comment

Mohon gunakan bahasa yang sopan dan pantas saat hendak berkomentar:)